Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Selasa, 15 Mei 2012

LAPORAN TIK MENGENAI FUNGSI DALAM EXCEL


PENGGUNAAN FUNGSI DALAM MICROSOFT EXCEL
Tujuan : Mengetahui cara penggunaan MS.Excel dalam pembuatan laporan keuangan.
Teori
Microsoft Excel merupakan program yang dirancang untuk melakukan berbagai jenis operasi perhitungan. Perhitungan dalam program ini selalu menggunakan operator perhitungan dan data-data yang dihitung.
1.      Jenis Operator

Microsoft Excel mempunyai empat jenis operator yaitu operator aritmatika, operator perbandingan, operator acuan, dan penggabungan teks.
a.       Operator Aritmatika
Operator aritmatika berfungsi untuk membuat operasi dasar matematika seperti penjumlahan,pengurangan,pembagian,perkalian,persentase,eksponensial, dan penggabungan bilangan.
b.      Operator Perbandingan
Operator perbandingan berfungsi untuk membandingkan dua buah nilai yang mana perbandingan tersebut menghasilkan nilai logika True atau False.
c.       Operator Acuan
Opertator acuan berfungsi menggabungkan selang sel yang digunakan dalam perhitungan. Operator acuan yang digunakan antara lain koma(,), titik dua (:), dan spasi.
d.      Operator penggabungan Teks
Operator penggabungan teks berfungsi untuk menggabungkan dua data yang bertipe string (teks).

2.      Menggunakan Fungsi

Fungsi merupakan rumus yang telah siap digunakan yang disediakan oleh Microsoft Excel. Fungsi tersebut berguna untuk membantu proses perhitungan. Penulisan fungsi didahului dengan tanda sama dengan(=), diikuti nama fungsi yang digunakan,diberi tanda kurung buka, kemudian argumen-argumen dari fungsi yang dipisahkan dengan tanda koma, dan diakhiri dengan tanda kurung tutup.
Nama dari beberapa fungsi di Excel adalah SUM, AVERAGE, MAX, MIN, LARGE, SMALL. Biasanya nama fungsi mengacu kepada fungsi yang digunakan. Misalnya SUM untuk mencari jumlah, AVERAGE untuk mencari rata-rata, MAX untuk mencari nilai maksimum, dan lain sebagainya. Argumen-argumen merupakan konstanta-konstanta, rumus ataupun sebuah fungsi. Argumen-argumen juga bisa di tuliskan dalam bentuk sel-sel acuan, array-array, ataupun bentuk logika seperti TRUE atau FALSE.
Bentuk penulisan fungsi dapat dilihat pada contoh berikut.
= nama_fungsi(argumen1, Argumen2)
=AVERAGE(A3:A3)*B3







Fungsi  Yang Digunakan adalah SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menghitung secara keseluruhan jumlah data yang ingin di jumlahkan.
Variasi Penggunaan Fungsi SUM
Contoh
Penggunaan Penjelasan
= SUM(1,9)
Menjumlahkan data angka 1 dan 9
=SUM(B5:B10)
Menjumlahkan data angka dari sel B5 sampai sel B10
=SUM(B5:B10,9)
Menjumlahkan data angka dari sel B5 sampai sel B10 dan angka 9
=SUM(B5:B10,A5:A10)
Menjumlahkan data angka dari sel B5 sampai sel B10 dan ditambahkan dengan jumlah data angka dari sel A5 sampai sel A10

            Memasukkan fungsi di worksheet bisa dilakukan secara manual atau menggunakan tab FORMULAS. Jika menggunakan cara manual,maka anda bisa langsung mengetikkan fungsi yang diinginkan disel yang ingin digunakan.
            Berikut ini langkah-langkah untuk memasukkan fungsi menggunakan tab Formulas.
1.      Klik sel yang ingin diisi fungsi, misalnya di sel D2.    
2.      Klik tab Formulas.
3.      Klik tombol Insert Function sehingga akan muncul kotak dialog Insert Function seperti pada gambar.
4.      Pada kotak pilihan Or select a category, pilih fungsi yang ada di Excel, misalnya pilihan Math & Trig.
5.      Pada kotak pilihan select a function, pilih fungsi yang ingin digunakan, misalnya SUM digunakan untuk menghitung jumlah seluruh siswa.
6.      Klik tombol OK hingga muncul kotak dialog Function Arguments seperti pada gambar.
7.      Klik kotak sebelah kanan Number1 dan pilih range sel sebagai masukan argumen fungsi. Setelah kotak sebelah kanan number1 diklik, akan muncul tampilan seperti pada gambar.
8.      Jika sebelah kanan kotak isian tersebut untuk mengembalikan kebentuk semula.
9.      Jika semua data yang akan dihitung sudah dimasukkan, maka Number2 bisa dikosongkan.
10.  Selanjutnya, klik OK.
 

Cara lain dengan manual.
1.      Aktifkan sel yang ingin digunakan untuk menempatkan hasil penjumlahan.
2.      Kemudian masukkan rumus fungsi SUM pada sel tersebut misalnya =SUM(B12:B35).
3.      Lalu akhiri dengan menekan tombol enter.























Laporan
RUMUS DAN FUNGSI APLIKASI
PENGOLAH ANGKA


IMG02294-20120417-1050.jpg








                                                                                           
KELOMPOK
Siti Rahma
Meliana
Ida Rachmaniar R
Siti Aisyah
Harmonika
Nabila Letviana



TAHUN PELAJARAN 2012/2013
SMA NEGERI 1 WATAMPONE

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut