Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Selasa, 15 Mei 2012

macam-macam jaringan komputer


Filed under: Informasi, Networking, Teknologi, Tutorial by Administrator — 4 Komentar
Desember 10, 2010
1.Berdasarkan skala :
2.Berdasarkan fungsi :
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data.xls dan juga memberi akses file network.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
3.Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1warnet.
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
  1. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
  1. Berdasarkan media transmisi data
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.
TOPOLOGI JARINGAN
Oleh iksan35
Bentuk jaringan
yang digunakan akan sangat menentukan dalam pembuatan atau pendesainan hubungan antara sejumlah node atau sentral untuk membentuk suatu sistem jaringan komputer. Topologi
1. Topologi Jaringan Mesh
Pada topologi jaringan mesh, semua komputer yang terhubung adalah sentral atau node. Setiap komputer sentral ini terhubung secara penuh. Setiap komputer harus menyediakan jumlah saluran yang dibutuhkan oleh komputer sentral tainnya dengan jumlah saluran yang dibutuhkan oleh setiap komputer dihitung dengan rumus jumlah sentral dikurang 1(n-1, n=jumlah sentral). Kelemahan topologi jaringan ini adalah kurang ekonomis karena relatif mahal dalam pengoperasiannya. Semakin banyak jumlah sentral, maka tingkat kerumitan dalam saluran semakin tinggi.
2 . TopologiJaringan Star
Topologi jaringan star hanya memifiki satu komputer sebagai sentral. Setiap komputer jaringan dihubungkan ke komputer server langsung atau melalui hubungan dengan tingkat kerumitan lebih ringan dibandingkan mesh. Keunggulannya adalah penambahan jumlah saluran  hanya dilakukan oleh satu komputer saja sebagai sentral dengan menggunakan hub, dapat  meningkatkan unjuk kerja jaringan, dan memiliki  bandwidth atau iebar jalur komunikasi yang lancar karena setiap komputer mempunyai kabet sendiri   dan bila terjadi gangguan pada salah satu kabel, maka workstation yang bersangkutan saja yang mengalami gangguan dengan server. Pada penambahan komputer sentral berarti penambahan  pada setiap komputer sentral. Kelemahan sistem ini membuat komputer sentral memiliki beban yang cukup berat yang memungkinkan terjadi kerusakan atau gangguan pada komputer sentrah Selain itu, jaringan jenis ini membutuhkan banyak kabel.
3. Topologi Jaringan Bus
Dalam topotogi jaringan bus, komputer yang berfungsi sebagai server dan workstation dihubungkan oleh kabel tungggal atau kabel pusat. Keunggulannya adatah mudah dalam menambah workstation baru tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahannya bila terjadi gangguan kabet pusat, maka seluruh jaringan dalam workstation akan terganggu.
4. Topologi Jaringan Ring
Dalam jaringan ring, komputer sentrat dihubungkan dengan komputer sentral lainnya atau workstation lainnya sehingga rnembentuk lingkaran jaringan. Dalam proses informasi, setiap server dan workstation akan menerima dan melewati satu komputer ke komputer lain.  Informasi hanya diterima bila sesuai dengan alamat server atau workstation dan bila tidak sesuai alamat server atau workstation, informasi akan ditewatkan. Keunggutannya, pada topologi Ring tidak akan terjadi tabrakan data karena hanya satu node yang dapat mengirimkan data pada satu saat pengiriman. Kelemahannya setiap node akan menerima informasi dan mengelolanya untuk selanjutnya diterima atau dilewatkan, sehingga bila terjadi gangguan pada salah satu node, maka seluruh jaringan akan terganggu
5. Topologi Jaringan Tree
Topologi jaringan ini disebut juga dengan jaringan pohon atau jaringan bertingkat. Topologi jenis ini digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan tingkat atau hirarki yang berbeda. Topologi jaringan ini paling umum digunakan karena memiliki kehandalan, yaitu jika salah satu kabel putus pada workstation atau client, tidak akan mempengaruhi hubungan workstation  atau client lainnya. Selain itu, topologi ini memiliki kemudahan dalam instalasi dan pemeliharaan
Teknologi jaringan yang menghubungkan beberapa komputer baik dalam area kecil maupun besar mempunyai aturan-aturan baku atau prinsip-prinsip baku dalam komunikasi data. beberapa komputer baik dalarn area kecil maupun besar mempunyai aturan-aturan baku atau prinsip¬prinsip baku calam komunikasi data- Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain hingga teqadi pengertian  yang sama. Untuk mencapai pengertian yang sama ini digunakan bahasa yang dimengerti. Dalam komunikasi data jaringan dibutuhkan penerjerjemah (interpreter) yang disebut dengan protokol. ISO {International Standard Organization} membuat aturan baku sebagai prinsip komunikasi data dengan nama model referensi OSI (Open System Interconnection
Dengan adanya model OSI ini, semua vendor perangkat telekomunikasi memitiki pedoman dalam mengembangkan protokolnya.
Model  OSI terdiri dari 7 lapisan, yaitu empat lapisan fisik berorientasi pada jaringan dan tiga lapisan berorientasi pada pernakail aplikasi. Empat lapisan pertama OSI berfungsi untuk rnembawa data tanpa cacat antara dua lokasi. Tiga lapisan berikutnya merupakan nilai tambah dari OSI. Berikut ini uraian tujuh lapisan OSI.
1. Lapisan fsik berupa kabel listrik beserta rumusan besaran elektrik lainnya.
2. Lapisan link data berupa lapisan yang mengatur arus bit antar-peralatan komunikasi.
3. Lapisan laringan berupa lapisan yang membawa paket bit ke tujuan.
4. Lapisan transport yang menjamin transportasi data antar-mesin komputer tanpa memper¬masalahkan jenis jaringan. Data yang diatur metiputi metode akses sebuah jaringan topologi fisik, tipe kabel, dan kecepatan transfer data.
5. Lapisan sesi yang menangani persiapan, pengelolaan, dan pemutusan antar-aplikasi.
6. Lapisan presentasi yang manangani pengubahan representasi data.
7. Lapisan aplikasi yang menangani pengaksesan pemakai.
Prinsip komunikasi data memerlukan protokol sebagai saluran yang mengatur komunikasi di antara beberapa komputer dalam sebuah jaringan_ Protokol yang terdapat daiam jaringan komputer fisik adalah sebagai berikut.
. Ethemet
Protokol ini paling banyak digunakan dalam sistern jaringan Ethernetmenggunakanmetade akses yang disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) dalam mengkomunikasikan data. Ethernet bekerja dengan memperhatikan kabel dalam network atau jarirrgan sebelum dilakukan transformasi atau transmisi data.  Bila dalam kabel jaringan tidak terdapat aktivitas, maka kornputer akan mentransmisikan data. Bila dalam kabel terdapat aktivitas transmisi data lain. maka kamputer akan menunggu dan mencoba kembaii mentransmisi data jika kabel jaringan telah bersih dari transmisi data komputer lain. Bila terdapat beberapa kornputer yang melakukan pengiriman data secara bersamaan, maka masing-masinq kornputer akan mundur dan menunggu secara acak untuk mentransmisikan data kernbali, yang disebutcara kolisi (collision). Penggunaan protokol Ethernet dapat digunakan pada topoLogi }aringan Garis Lurus, Star, dan Tree. Transrnisi data dengan kecepatan 10 Mbps dapat melalui kabel twisted pair, koaksial, atau serat
2. Localtalk
Localtalk merupakan protokol jaringan dengan menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with  Collision Avoidance)- Untuk menghubungkan  kamputer ini, dapat melewati port serial dengan
menggunakan adapter localtalk dan kabel twisted pair. Localtalk pertama kali dikembangkan oleh Apple Computer Inc. untuk komputer dengan mesin Macintosh yang memungkinkan koneksi dalam jaringan secara peer-to-peer tanpa rnembutuhkan tambahan aplikasi khusus. Kecepatan  transmisinya hanya 230 Kbps yang merupakan kelemahan Localtalk. Protokol localtalk dapat digunakan pada topologi jaringan garis Lurus, Star, atau Tree dengan menqgunakan   kabel twisted pair.
Metode akses protokol Token adalah melalui sebuah Token dalam sebuah lingkaran seperti cincin.  Protokol inl pertama kali dikembangkan tahun 1980 oleh perusahaan IBM . Sinyal Token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari satu komputer menuju ke komputer lainnya. Jika pada persinggahan di salah satu komputer terdapat data yang ingin ditransmisikan. Token akan mengirimkan data ke tempat yang diingink:an tersebut. Selanjutnya, Token bergerak untuk saling mengkoneksikan di antara masing-masing komputer. Dengan kecepatan transmisi data 4 Mbps atau 16 Mbps, protokol Token Ring dapat digunakan pada topologi jaringan Star dengan menagunakan kabef twisted pair atau kabel serat optik
4. FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
FDDI  merupakan protokol jaringan dengan metode akses model Token. FDDI menghubungkan beberapa komputer sampai jarak yang jauh. FDDI menggunakan dua buah topologi cincin. Proses transmisinya menggunakan satu cincin, jika terdapat masalah dalam transmisi data, secara otornatis akan menggunakan cincin yang kedua. Kecepatan transmisi data sampai 100 Mbps dan kabel yang digunakan adalah serat optik.
5. ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Protokol ini merupakan protokol jaringan yang mendukung transmisi data yang berbentuk gambar atau video dan audio. ATM umummya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan Local Area Network (LAN). ATM bekerja dengan mentransmisikan data dengan menggunakan metode akses ke dalam satu paket. Topologi yang digunakan adalah topologi Star dengan menggunakan kabel twisted pair atau serat optik. ATM banyak digunakan oleh para ISP (Internet Service Provider) untuk meningkatkan kecepatan akses internet. Kecepatan transmisi datanya 155 s.d. 2488 Mbps.
Prinsip komunikasi data pada masing-masing protokol yang digunakan sangat mempengaruhi dan menentukan dalam desain suatu jaringan, kabel yang digunakan, dan kecepatan aksesnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut