MENGANALISIS TENTANG HARDWARE, SOFTWARE DAN TOPOLOGI JARINGAN YANG
DIGUNAKAN PADA WARNET A7
Oleh
Kelompok 3
Siti rahma
Siti aisyah
Harmonika elviana syam
Meliana
Niar
Nabila
SMAN 1 WATAMPONE
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KATA PENGANTAR
Bismillahi Rahmani Rahim
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas segala
rahmat dan taufik-Nya sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan tepat
waktu.
Dalam penyususunan makalah ini, penulis memperoleh bimbingan dan
bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu sepatutnyalah penulis menyampaikan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada,
1.
Bapak Shabiel
Zakaria,S.Pd ,M.Pd sebagai
guru mata pelajaran TIK
yang
telah
mencurahkan perhatian untuk membimbing dan mengarahkan
penulis
dalam pembuatan makalah ini.
2.
Orang tua yang
memeberikan bantuan material dan selalu memberikan
motivasi
selama penyusunan makalh ini.
3.
Rekan-rekan yang telah
berpartisipasi memberikan bantuan dalam
penyelesaian
makalah ini.
Penulis
memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila makalah ini isinya kurang memuaskan,
penilis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga
penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Akhirnya
penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan
pembaca pada umumnya.
Watampone
, 27 juli 2011
Penyusun
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
I. PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang
1
B. Masalah
2
C. Tujuan
2
D. Manfaat
3
II. PEMBAHASAN
4
A. Hardware yang digunakan 4
B. Software yang digunakan
7
C. Topologi jaringan yang digunakan 12
III PENUTUP 15
A.
Kesimpulan 15
B.
Saran 16
DAFTAR PUSTAKA 17
|
I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan
dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya,
dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi
untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital,
termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer.
|
||||
|
-
2
Di dalam kehidupan
sehari-hari,dalam melakukan sesuatu kita tentunya akan mengalami suatu masalah
yang tentunya dengan adanya masalah tersebut penulis dapat menjadikan masalah
tersebut sebagai acuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun
masalah yang dimaksud oleh penulis adalah:
1. Hardware apa yang digunakan ?
2. Software apa yang digunakan ?
3. Apa jenis topologi jaringan yang digunakan warnet
tersebut?
C. TUJUAN
Tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah sebagai
berikut:
1.
Menambah
dan memperluas pemahaman mengenai hardware,
software dan topologi.
2.
Agar penulis/siswa dapat mengetahui manfaat internet bagi kehidupan
maupun bagi dirinyaa sendiri.
3.
Memenuhi
salah satu tugas mata pelajaran TIK.
D.
|
Adapun manfaat yang ingin dicapai penulis dalam penyusunan makalah ini
yaitu:
1. Dapat menambah perbendaharaan literatur perpustakaan.
2. Dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas,
khususnya tugas
TIK.
3. Untuk melatih penulis/siswa dalam membuat karya tulis.
![]() |
|
A. HARDWARE-HARDWARE
YANG DIGUNAKAN.
Software yang digunakan warnet tersebut antara lain
:
a.
Mouse atau tetikus adalah
alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik.
Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti
ekor tikus

Bentuk
tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri
atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer
berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus
bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan
keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi,
tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula
yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar
inframerah, maupun bluetooth.
Saat
ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga
resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa
mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi
penggemar permainan video.
b.
|

Penciptaan papan ketik komputer diilhami oleh
penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh
Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh
Perusahaan Remington. Papan ketik komputer pertama disesuaikan dari kartu
pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype).
Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang
(punched card reader) sebagai alat masukka dan keluaran.Meskipun pengembangan
perangkat input alternatif seperti tetikus, layar sentuh, perangkat pena, pengenalan
karakter dan pengenalan suara, perangkat papan ketik tetap yang paling
fleksibel dan paling sering digunakan untuk langsung (manusia) masuk ke
komputer. Papan ketik biasanya memiliki karakter yang diukir atau dicetak di
masing-masing tombol dan tekan tombol biasanya simbol tertulis tunggal. Namun,
untuk menghasilkan beberapa simbol harus menekan dan menahan beberapa tombol
secara bersamaan atau secara berurutan.
Sementara tombol papan ketik yang menghasilkan
huruf, angka atau tanda-tanda (karakter), tombol lain atau menekan tombol
secara bersamaan dapat menghasilkan tindakan atau perintah pada komputer. Dalam
penggunaan normal, papan ketik digunakan untuk memasukkan teks dan angka ke
dalam pengolah kata editor, teks atau program lain. Dalam sebuah komputer
modern, penafsiran umumnya tombol kiri untuk perangkat lunak. Sebuah papan
ketik komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lainnya dan
melaporkan semua penekanan tombol untuk mengontrol perangkat lunak. Papan ketik
juga digunakan untuk permainan komputer, baik dengan papan ketik
|
c.
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device,
karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang
tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor
memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan
ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang
akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar
dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Untuk saat ini monitor komputer
terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:
d.
|

Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang
terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat
dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai enam jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis
Drum dan jenis Laser.
e.
|

f. Pengeras suara (bahasa Inggris: loud speaker atau speaker)
adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

|
g.
Modem berasal dari singkatan MOdulator
DEModulator. Modulator merupakan
bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier)
dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan
sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang
diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua
arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan
bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain
sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal
analog.
Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi
seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog
tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
|
o Modem teknologi ADSL (Asymetric
Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan
telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan
sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter
ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh
mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter
berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem.
Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat
menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna
tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
h.
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan
peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.

i.
|

Headset
diciptakan pertama kali pada tahun 1910 oleh Nathaniel Baldwin,
mahasiswa Universitas
Stanford. Namun penemuannya ini tidak langsung menjadi perhatian publik,
karena seperti layaknya penemu-penemu pada zaman itu, Baldwin tidak berminat
untuk memproduksi temuannya secara massal.
B. SOFTWARE-SOFTWARE
YANG DIGUNAKAN.
Software yang digunakan warnet tersebut antara
lain :
a. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah
web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang
sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari
5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24
November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak
digunakan di antara pengguna rumahan.
|

Di antara fitur populer Firefox adalah
pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya,
dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah
fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa
lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera,
Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam
skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer
dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah
disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai
alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan
ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer
tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya
terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap
pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak
menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu
dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006.
Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash"
jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript,
namun hal ini telah diperbaiki.
b.
|
Safari memberikan fitur yang hampir
umum yang dimiliki oleh penjelajah web lainnya seperti
·
Penrambanan melalui tab
·
Pengaturan markah buku
·
Boks pencarian web yang dapat diatur ukurannya pada toolbar baik yang menggunakan Google pada Mac atau Google atau Yahoo pada Windows
·
Penghalang Pop-up ad
·
Pencari history dan markah buku
·
Pencari teks
·
Pemeriksa ejaan
·
Kotak teks yang dapat diperluas
·
Pengisian otomatis pada bentuk web
·
Dilengkapi dengan DOM yang bertindak sebagai inspektur yang memungkinkan
pengguna dan pengembang menjelajahi Document Object Model dari suatu
halaman web.
·
Dapat menggunakan animasi CSS
·
Dapat menggunakan protokol ptoteksi keamanan layar (versi yang tidak
diketahui)
·
Bookmark yang telah terintegrasi dengan buku alamat
·
Penggabungan surat internet
·
Kemampuan untuk menyimpan halaman web yang telah disimpan pada Apple
Dashboard
·
Menjelajah web secara pribadi
|
Pada Mac OS, Safari merupakan aplikasi Cocoa yang menggunakan Webkit Apple untuk mengaplikasikan halaman dan memproses JavaScript. WebKit terdiri dari webCore (berbasis mesin KHTML dari Konqueror) dan JavaScript (berbasis pada mesin JavaScript dari KDE yaitu KJS). Sama halnya dengan KHTML dan KJS, Webcore dan JavaScript memiliki perangkat lunak gratis dan dirilis dibawah ketentuan GNU Lesser General Public License. Beberapa perkembangan Apple kepada kode KHTML kembali digabungkan kedalam proyek Konqueror. Apple juga merilis kode tambahan dibawah sebuah sumber terbuka BSD-like license.
c.
Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber
terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering
WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

Versi beta untuk Microsoft
Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sudah dirilis.
d.
Opera memulai
sebuah proyek penelitian pada 1994 pada perusahaan telekomunikasi milik
Norwegia, Telenor. Dalam satu tahun, dikembangkan secara mandiri menjadi sebuah
perusahaan bernama Opera Software.
Hari ini, Opera Software mengembangkan browser Web Opera, sebuah
produk dengan kualitas tinggi yang dapat digunakan untuk banyak platform,
sistem operasi - termasuk untuk komputer Mac, PC dan Linux, ponsel, PDA, dan
konsol game serta perangkat-perangkat lainnya seperti Nintendo Wii dan DS, Sony
Mylo dan lainnya.
Visi Opera adalah untuk memberikan pengalaman penjelajahan Internet
terbaik pada perangkat apapun. Tujuan dari kunci bisnis Opera adalah untuk
menjadi pemimpin global untuk pasar PC/dekstop dan produk embedded. Strategi
bisnis utama Opera adalah untuk menyediakan sebuah browser yang dapat
beroperasi lintas perangkat, platform dan sistem operasi, serta dapat
menyampaikan dengan lebih cepat, lebih stabil dan dengan pengalaman
penjelajahan Internet yang lebih fleksibel daripada pesaingnya.
e.
|

Flock dapat diunduh secara gratis, dan mendukung platform Microsoft
Windows, Mac
OS X, dan Linux.
f. Windows Internet Explorer (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat
IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem
operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer
dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.
Internet Explorer digunakan secara luas sejak
tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan
penggunaan penjelajah web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet
Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan
kompetisi penjelajah web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah
menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet
Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah
menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter
non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar
Internet Explorer.
|
Proyek Internet Explorer telah dimulai sejak
musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon menggunakan kode sumber
dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah penjelajah web komersil baru. Di akhir 1994,
Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic.
C. JENIS
TOPOLOGI JARINGAN YANG DIGUNAKAN.
Adapun jenis topologi jaringan yang digunakan
yaitu:

Meskipun demikian, tidak semua
perangkat pada topologi tree terhubung secara langsung ke central HUB. Sebagian
perangkat memang terhubung secara langsung ke central HUB, tetapi sebagian
lainnya terhubung melalui secondary HUB (lihat gambar).
Pada topologi tree terdapat dua atau lebih HUB yang digunakan untuk
menghubungkan setiap perangkat ke dalam jaringan. Keseluruhan HUB tersebut
berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua bagian yaitu Active HUB dan Passive
HUB.
Active HUB berfungsi tidak hanya sekedar sebagai penerus sinyal data dari
satu komputer ke komputer lainnya, tetapi juga memiliki fungsi sebagai Repeater.
Sinyal data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya memiliki
keterbatasan dalam hal jarak, setelah berjalan sekian meter maka sinyal
tersebut akan melemah. Dengan adanya fungsi Repeater ini maka sinyal
data tersebut akan di-generate kembali sebelum kemudian diteruskan ke
komputer yang dituju, sehingga jarak tempuh sinyal data pun bisa menjadi lebih
jauh dari yang biasanya. Sedangkan Passive HUB hanya berfungsi sebagai penerus
sinyal data dari satu komputer ke komputer lainnya.
|
Karena pada dasarnya topologi ini merupakan bentuk yang lebih luas dari
topologi star, maka kelebihan dan kekurangannya pada topologi star juga
dimiliki oleh topologi tree. Perbedaannya adalah HUB dan kabel yang digunakan
menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam
pengaturannya dengan mempertimbangkan segala hal yang terkait, termasuk di
dalamnya adalah tata letak ruangan. Meskipun demikian, topologi ini memiliki
keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan
fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.
b. Alasan menggunakan topologi tersebut karena
hemat kabel jaringan.
|
A .KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan masalah yang
telah dikemukakan pada bagian sebelumnya, maka penulis merumuskan beberapa
kesimpulan sebagai berikut:
1.
Hardware yang
digunakan oleh warnet tersebut antara lain: mouse,keyboard,monitor,print,CPU,modem,HUB,headset,dan
speaker.
2.
Software yang
digunakan warnet tersebut antara lain : Mozilla Firefox,
Safari, Google Chrome, Opera, Flock, dan Windows
Internet Explorer.
3.
Topologi yang
digunakan yaitu topologi tree dan alasan menggunakan jaringan tersebut karena dapat
menghemat kabel jaringan.
B.
SARAN
Dengan adanya makalah ini, penulis mengemukakan saran
antara lain:
1.
Agar
penulis lebih memperdalam pengetahuan mengenai hardware, software
dan topologi jaringan.
2. Diharapkan kepada Guru Mata Pelajaran TIK,
agar menjelaskan secara
mendetail mengenai hardware,
software dan topologi jaringan.
3.
Hendaknya
pihak sekolah senantiasa menambah literatur mengenai hardware,
software dan topologi jaringan.
DAFTAR PUSTAKA
|
0 komentar:
Posting Komentar